• Memahami Cinta Platonik   

    Cinta platonik dalam pengertian populer modernnya adalah hubungan penuh kasih sayang yang tidak dapat dimasuki oleh unsur seksual, terutama dalam kasus-kasus di mana orang bisa dengan mudah menganggap sebaliknya.

    Contoh sederhana dari cinta platonik adalah persahabatan yang mendalam dan non-seksual antara dua orang heteroseksual dari lawan jenis.

    Pada saat yang sama, penafsiran ini adalah kesalahpahaman tentang sifat ideal cinta Platonis, yang dari asalnya adalah cinta yang murni tetapi penuh gairah, yang didasarkan bukan pada ketertarikan yang tidak menarik tetapi keinginan seksual yang terkendali.

    Cinta berdasarkan ketertarikan seksual dan keintiman fisik disebut sebagai cinta romantis. Sementara cinta, yang tidak memiliki niat romantis atau ketertarikan seksual dipahami sebagai cinta platonik.

    Cinta platonik datang dari mana saja, tetapi umumnya konsep ini digunakan untuk menggambarkan persahabatan yang kuat.  Dalam cinta platonik, tidak ada seks, tidak ada ketertarikan, dan tidak ada keterlibatan romantis. Hubungannya sering terjadi dalam gender yang sama, tetapi cinta platonik heteroseksual juga umum terjadi. Jenis cinta ini melampaui jenis kelamin, usia, ras, dan orientasi seksual untuk menyatukan dua orang.

    Dalam cinta platonik, kedua belah pihak merasakan rasa terima kasih yang luar biasa, kesukaan, dan minat satu sama lain.  Hubungan-hubungan ini, yang sering tumbuh dari persahabatan yang khas, berubah menjadi ikatan yang lebih dalam dan kuat. 

    Jika Anda mengatakan bahwa Anda berada dalam hubungan platonik, berikut beberapa manfaat dari hubungan cinta platonik:

          Nyaman

    Cinta platonik, tidak seperti hubungan romantis yang sering membutuhkan banyak pekerjaan, cenderung mengalir secara alami.  Mereka terbuka dan jujur, dan kedua belah pihak merasa nyaman berbagi diri satu sama lain. 

          Mudah

    Cinta platonik itu mudah. Sama seperti dua teman dekat yang dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk berbicara dengan satu sama lain. Interaksi semacam itu cenderung lebih sering terjadi dalam hubungan semacam ini. Hubungan cunta platonik sejati sepenuhnya menerima Anda, yang berarti Anda tidak akan pernah dipaksa untuk menjadi seseorang yang bukan diri Anda sendiri.

          Hubungan yang kuat

    Sangat sedikit kata yang secara akurat menggambarkan betapa intensnya cinta platonik. Individu dalam hubungan platonik sering sangat vokal tentang betapa pentingnya menghabiskan waktu bersama dan seberapa besar mereka membutuhkan tersebut disekitarnya.

          Tidak ada tekanan

    Karena kurangnya minat romantis dalam hubungan platonik, banyak situasi menantang yang tidak terjadi. Tidak akan pernah ada tekanan untuk menikah, punya anak, intim secara fisik, atau mengambil bagian dalam perilaku lain yang terjadi dalam hubungan cinta pada umumnya.

    Tidak peduli seberapa kuat dan amannya cinta platonik, penting juga untuk memahami bahwa cinta jenis ini bukan seperti cinta romantis. Cinta platonik merupakan bentuk cinta yang kompleks, dan sulit dipahami. Hal ini karena Anda terbiasa memahami cinta dalam pengertian fisik. Jika Anda membuka pikiran Anda tentang cinta platonik, Anda dapat menikmati semua manfaat hubungan tersebut secara intelektua


    votre commentaire
  •  

    Bahan-Bahan Pada Obat Penghilang Tato

    Anda memiliki tato dan ingin menghilangkannya? Krim yang berguna sebagai penghilang tato mungkin akan menjadi jawaban untuk Anda, selain nyaman dan tidak menyakitkan, obat krim ini mungkin sesuai anggaran yang Anda miliki. Mari cari tahu mengenai obat penghilang tato serta tato itu sendiri.

    Krim penghilang tato adalah obat salep topikal yang dimaksudkan untuk secara bertahap memudarkan atau menghilangkan tato setelah diaplikasikan secara berulang. Obat penghilang tato sendiri mudah ditemukan dan dapat dibeli dengan mudah. Sebagai produk bebas, Anda mungkin dapat menemukannya di berbagai platform secara online. Setiap merk krim memiliki bahan yang berbeda di dalamnya, tetapi ada beberapa bahan aktif umum yang harus Anda ketahui jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan krim penghapus tato, yaitu:

     

          Asam Trikloroasetat (TCA)

    Asam trikloroasetat adalah bahan aktif paling umum yang ditemukan dalam krim penghilang tato. Zat ini adalah bahan kimia asam yang menyebabkan kulit Anda mengelupas dan melepaskan kulit, sehingga memungkinkan tubuh Anda untuk menumbuhkan kulit baru untuk menggantikannya.

     

          Hydroquinone

    Obat atau krim berbasis hidrokuinon adalah alternatif populer untuk produk berbasis TCA. Salep hidroquinon digunakan untuk memudarkan bintik-bintik hati, bintik-bintik penuaan, dan bintik-bintik dengan menghambat produksi melanin dalam tubuh Anda. Berkurangnya produksi melanin menghasilkan pigmentasi kulit yang lebih ringan, sering juga mempengaruhi flek dan noda. Krim berbasis Hydroquinone ternyata memudarkan tato menggunakan proses yang sama.

     

          Bahan alami

    Beberapa obat penghilang tato juga menggunakan bahan alami untuk mencapai efek yang sama dengan menghindari beberapa bahan kimia yang disebutkan diatas. Seperti menggunakan serai sebagai zat untuk mengupas kulit tanpa menggunakan TCA. Selain itu, beberapa krim alami menggunakan asam askorbat, licorice putih, dan zat pencerah alami lainnya untuk memudarkan area tato yang terdapat di kulit Anda.

    Sebagian besar bahan aktif dalam krim atau obat penghilang tato telah disetujui untuk beberapa penggunaan krim topikal oleh Food and Drug Administration (FDA), jadi bahan-bahan tersebut aman dan efektif ketika digunakan untuk mengobati kondisi dermatologis tertentu. Namun, sampai sekarang, belum ada krim penghilang tato yang mendapatkan persetujuan dari FDA. Bahan-bahan diatas hanya disetujui untuk obat atau krim perawatan selain obat penghilang tato.

    Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa sebagian besar produsen krim penghilang tato hanya membuat klaim sederhana tentang efektivitas produk mereka. Sangat sedikit yang mengklaim bahwa obat tersebut dapat menghilangkan tato sepenuhnya. Anda juga perlu mempertimbangkan efek samping dari obat tersebut karena Anda berurusan dengan beberapa bahan yang sangat abrasif, sehingga bahan-bahan tersebut dapat merusak kulit Anda serta dapat meninggalkan Anda dengan jaringan parut permanen

    Terdapat dua hal yang membuat tato memiliki warna yaitu, tinta yang disimpan jauh ke dalam kulit Anda, serta bekas luka yang terjadi karena jarum menusuk kulit Anda ketika pertama kali membuat tato tersebut. Tinta yang terdapat jauh di dalam kulit sebenarnya tidak dapat dipengaruhi oleh berbagai krim pemutih atau obat penghilang tato. Hal ini karena krim pemutih dirancang untuk mengurangi jumlah melanin di kulit, sehingga membuat kulit lebih ringan. Sel-sel yang dipengaruhi oleh obat atau krim tersebut bekerja sangat dekat dengan permukaan kulit, sedangkan tinta tato yang Anda miliki biasanya terdapat di bagian sangat dalam kulit Anda.

    Jika Anda ingin menghapus atau menghilangkan tato sepenuhnya, terdapat opsi lain yang masih bisa Anda pertimbangkan. Namun, tak satupun dari opsi tersebut adalah obat atau krim penghilang tato. Anda dapat melakukan penghapusan tato laser, dermabrasi, dan eksisi untuk mendapatkan hasil yang lebih nyata.

     


    votre commentaire
  • Ciri-Ciri dan Gejala Dermatitis Numularis

    Banyak penyakit yang menyerang ke permukaan kulit salah satunya ialah dermatitis. Jenis dermatitis yang paling sering terjadi ialah dermatitis numularis. Dermatitis numularis adalah jenis dermatitis yang ditandai dengan kemunculan bercak-bercak dengan bentuk melingkar seperti koin pada permukaan kulit. Bentuk gejalanya bisa menyerupai luka bakar, luka goresan, atau luka akibat gigitan serangga. 

    Dermatitis ini dapat menyebabkan kulit menjadi sangat kering dan berkerak, atau sebaliknya kulit yang terdampak menjadi basah dan berwarna kemerahan. Kulit yang meradang dapat menimbulkan rasa gatal yang tidak tertahankan, mesk pada sebagian kasus gatal bisa tidak muncul sama sekali. Dermatitis numularis dapat berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan jika tidak diobati secara rutin. Penyakit kulit tidak menular ini juga dikenal dengan nama dermatitis diskoid atau eksim numularis. 

    Siapapun bisa mengalami penyakit ini, termasuk anak-anak. Kendati demikian, dermatitis numularis lebih sering dialami oleh laki-laki yang berusia 55-65 tahun dibandingkan perempuan. Pada perempuan, gejala cenderung muncul pada usia remaja dan dewasa produktif. Orang-orang yang kecanduan alkohol kronis (alkoholisme) juga lebih berisiko terjangkit penyakit ini. Dermatitis numularis juga bisa hadir sebagai kondisi sekunder ketika dialami oleh orang dengan dermatitis atopik.

    Ciri-ciri dan gejala

    Awalnya gejala dermatitis numularis muncul dalam bentuk bintik-bintik kemerahan dan luka melepuh yang mengeluarkan cairan. Lama kelamaan, luka akan melebar dan membentuk bercak lingkaran seperti koin yang memusat di bagian tengah kulit. Rata-rata setiap bercak memiliki ukuran diameter sekitar 1-3 cm. Selanjutnya bercak lingkaran akan muncul dalam gejala dermatitis numularis yang ditunjukkan dengan:

    • Bercak berwarna merah muda, merah, atau coklat.

    • Bercak lebih sering muncul pada bagian kaki, namun juga bisa muncul pada tubuh bagian tengah seperti tangan.

    • Muncul rasa gatal dan sensasi terbakar.

    • Rasa gatal akan semakin bertambah parah di malam hari dan mengganggu saat tidur.

    • Setelah kulit yang terdampak melepuh dan mengeluarkan cairan, lama kelamaan luka akan mengeras atau berubah menjadi borok.

    • Bagian kulit di antara bercak dermatitis numularis biasanya menjadi kering dan rentan mengalami iritasi.

    Menggosok dan menggaruk bagian kulit yang mengalami luka bisa menyebabkan gejala memburuk. Suhu udara yang tinggi dan kondisi lembab juga akan membuat peradangan semakin serius. Jika bertambah parah, luka akibat peradangan rentan mengalami infeksi staph yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Gejala dermatitis numularis bisa muncul pada beberapa bagian tubuh, dan berlangsung dalam beberapa minggu sampai beberapa bulan.

    Penyebab

    Penyebab dermatitis numularis masih belum diketahui pasti. Kendati demikian, studi menunjukkan bahwa dalam beberapa kasus penyebabnya berkaitan dengan faktor sensitivitas kulit. Menurut American Academy of Dermatology, zat pemicu yang memengaruhi reaksi sensitivitas kulit adalah:

    • Logam, termasuk nikel dan merkuri

    • Formaldehida

    • Obat-obatan, seperti neomycin (antibiotik yang Anda aplikasikan pada kulit)

    Kulit orang dengan dermatitis numularis juga umumnya sangat kering sehingga rentan mengalami iritasi. Penyakit ini juga bisa dipicu oleh kontak langsung dengan iritan atau alergen yang dapat menyebabkan dermatitis kontak. 

    Pada beberapa orang gejala bisa muncul pada bekas luka akibat peradangan kulit atau dermatitis jenis lainnya.  Peradangan bisa bertambah parah apabila kulit semakin kering atau terlalu lembap akibat keringat dan kenaikan suhu.

    Apa saja perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan untuk mengatasi dermatitis numularis?

    Merubah kebiasaan untuk mengembalikan kesehatan kulit yang rusak akibat peradangan bisa dimulai dengan berhenti menggaruk bagian kulit yang terdampak. Selain itu, Anda juga perlu melindungi bagian kulit tersebut agar tidak terluka atau tergores benda kasar. 

     

    Menjaga kulit selalu terhidrasi merupakan langkah yang tepat untuk membantu mencegah terjadinya peradangan. Caranya adalah dengan berendam menggunakan air selama 3 menit, setelahnya aplikasikan pelembab pada kulit yang setengah kering. Ritual mandi untuk dermatitis numularis ini cukup dilakukan sekali dalam sehari.


    votre commentaire
  •  

    Inilah Cara Diet Alami untuk Turunkan Berat Badan

    Cara diet alami dianggap lebih aman. Tampaknya, hal ini tidak menjadi perdebatan. Banyak orang menyetujuinya. Bila ingin dianggap kelemahan, maka kelemahan dari cara diet alami adalah hasilnya tidak dapat dirasakan dalam waktu yang cepat atau instan.

    Tapi, Anda yang menjalani cara diet alami, berat badannya akan cenderung stabil dan ideal dalam jangka waktu yang panjang.

    Secara umum, cara diet alami berarti mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Dengan demikian, efek yang dirasakan bukan sebatas turunnya berat badan, tetapi juga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

     

    Cara diet alami untuk menurunkan berat badan

    Bagian menyenangkan dari menerapkan cara diet alami, Anda tidak perlu melakukan perubahan drastis. Pola makan dapat diubah pelan-pelan menjadi lebih sehat. Cara diet ini pun terasa lebih ringan.

    1. Menambah asupan protein

    Protein merupakan salah satu nutrien kunci dalam upaya menurunkan berat badan. Sebab ketika mengolah protein, tubuh juga membakar kalori dalam jumlah yang cukup besar. Berarti semakin banyak protein dikonsumsi, semakin tinggi kalori yang dibakar.

    Anda juga akan merasa kenyang lebih lama dengan mengonsumsi protein. Efeknya, nafsu makan pun berkurang. Anda dapat menambahkan protein rendah lemak, seperti dada ayam ke dalam menu harian Anda.

     

    2. Mengurangi asupan gula

    Di dalam tubuh, asupan gula berlebih akan disimpan dalam bentuk lemak. Karenanya, berat badan Anda terus naik.

    Oleh sebab itu, jika Anda ingin menerapkan cara diet alami, maka asupan gula perlu dikurangi. Hal ini dapat dimulai dengan mengurangi asupan minuman kemasan atau mencari alternatif pemanis alami yang lebih sehat, madu atau kurama misalnya.

     

    3. Menambah asupan sayur dan buah

    Tidak diragukan lagi, memperbanyak asupan sayur dan buah sangat baik untuk menjaga kesehatan sekaligus mengontrol berat badan.

    Bagi Anda yang ingin menerapkan cara diet alami, hal ini wajib dilakukan. Kandungan vitamin, mineral, dan serat di dalam sayur dan buah sangat tinggi, akan tetapi nilai kalorinya rendah. Sangat tepat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

     

    4. Memperbanyak asupan air putih

    Meninggalkan minuman kemasan bukan hanya untuk mengurangi asupan gula, namun juga untuk menambah ruang untuk asupan air putih.

    Manfaat air putih bagi tubuh sudah tidak diragukan lagi. Bila konsumsi air putih dilakukan sebelum makan, maka air putih juga memberikan efek kenyang dengan nilai kalori nol. Dengan demikian, Anda akan makan lebih sedikit.

     

    5. Mengurangi asupan karbohidrat

    Mengurangi asupan karbohidrat sudah pasti perlu dilakukan bila Anda ingin menerapkan cara diet alami. Karbohidrat akan diolah menjadi gula di dalam tubuh. Seperti disebutkan sebelumnya, asupan gula berlebihan akan disimpan dalam bentuk lemak.

    Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak bisa mengonsumsi karbohidrat. Jumlahnya saja yang perlu Anda batasi atau menggantinya dengan jenis yang lebih sehat, gandum dan nasi merah misalnya.

     

    6. Membiasakan sarapan

    Membiasakan sarapan ternyata bagian penting agar berhasil menurunkan berat badan. Dengan sarapan, Anda akan makan lebih sedikit di siang hari, juga pada jam-jam makan selanjutnya. Namun ingat, pastikan Anda sarapan dengan menu yang sehat.

     

    7. Rutin berolahraga

    Terakhir, menerapkan cara diet alami bukan hanya soal mengubah pola makan, melainkan juga berolahraga secara rutin. Olahraga yang sebaiknya Anda lakukan adalah jenis olahraga kardio, jogging, berenang, atau senam aerobik misalnya. 

     


    votre commentaire
  • Sel dan Organel Sel di Tubuh Manusia

    Tubuh manusia merupakan sebuah organisme kompleks yang terbuat dari triliunan sel-sel dengan fungsi dan struktur organel sel masing-masing. Para peneliti masih terus berusaha untuk memperkirakan jumlah sel yang ada di tubuh rata-rata manusia. Perkiraan yang paling baru adalah ada sekitar 30 triliun sel yang ada di tubuh kita. Semua sel-sel ini bekerja dengan selaras melakukan fungsi dasarnya masing-masing agar manusia dapat hidup. Namun tidak hanya sel-sel manusia saja yang ada di dalam tubuh Anda. Para peneliti memperkirakan jumlah sel-sel bakteri yang ada di tubuh kita melebihi jumlah sel-sel manusia. 

    Tipe sel

    Sel yang berbeda memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda pula. Misalnya saja, sel sperma berbentuk seperti kecebong, dan sel telur wanita berbentuk bulat. Di sisi lain, sel saraf pada dasarnya berbentuk menyerupai tabung yang tipis. Meskipun memiliki bentuk dan tugas yang berbeda-beda, sel-sel tersebut memiliki struktur yang sama, yang biasa disebut dengan organel sel. Ada banyak organel sel, yang paling penting adalah nukleus, selaput plasma, sitoplasma, lysosomes dan peroxisomes, sitoskeleton, endoplasmic reticulum, golgi apparatus, mitochondria, dan ribosomes. 

    Selain itu, sel juga memiliki jenis atau tipe yang berbeda-beda. Tubuh manusia merupakan sebuah organisme yang sangat kompleks. Bukan hal yang mengherankan apabila tubuh kita memiliki jenis-jenis sel yang beragam. 

    • Sel induk

      Sel ini merupakan jenis sel yang belum menentukan ingin jadi apa nantinya. Beberapa akan membedakan diri untuk menjadi jenis sel tertentu, sementara yang lain akan membagi diri untuk memproduksi sel induk dalam jumlah lebih. Sel jenis ini dapat ditemukan di embryo dan jaringan dewasa, seperti sumsum tulang belakang.

    • Sel tulang

      Setidaknya ada 3 jenis utama sel tulang, yaitu osteoclast (yang melarutkan tulang), osteoblas (yang membentuk tulang baru), dan osteocytes (yang dikelilingi oleh tulang dan membantu komunikasi dengan sel tulang lain).

    • Sel darah

      Ada 3 jenis sel darah, yaitu sel darah merah (yang membawa oksigen ke seluruh tubuh), sel darah putih (yang menjadi bagian dari sistem kekebalan tubuh), dan platelet (yang membantu pembekuan darah dan mencegah pendarahan setelah terjadi cedera).

    • Sel otot

      Sel jenis ini juga sering disebut dengan myocytes. Sel otot adalah sel yang berbentuk seperti tabung dan berukuran panjang. Sel otot sangat penting karena fungsinya yang beragam, yaitu untuk bergerak, sokongan, dan fungsi-fungsi internal seperti peristalsis (pergerakan makanan di dalam usus).

    • Sel sperma

      Sel-sel berbentuk kecebong ini merupakan sel paling kecil di tubuh manusia. Sel ini dapat bergerak menggunakan ekor mereka (flagellum) yang diisi dengan mitochondria yang memberikan energi.

    • Sel telur perempuan

      Berbeda dengan sel-sel sperma, sel telur berukuran sangat besar dan merupakan sel terbesar di tubuh manusia. Sel telur juga mengandung haploid, sehingga DNA dari sperma dan telur dapat menyatu untuk membentuk sel diploid.

    • Sel lemak

      Sel-sel lemak juga disebut dengan adiposity dan merupakan unsur utama dalam jaringan adiposa. Sel lemak mengandung lemak yang disimpan yang disebut dengan trigliserida yang dapat digunakan sebagai energi apabila dibutuhkan. Setelah trigliserida digunakan, sel lemak kemudian akan menyusut. Adiposit juga memproduksi beberapa hormon. 

     

    Dengan metode yang canggih dari sebelumnya, penelitian baru memperkirakan ada sekitar 30 triliun sel manusia (masing-masing dengan struktur organel sel) nya masing-masing. Sel darah merah menjadi mayoritas dari sel-sel tersebut. Tidak hanya sel manusia saja yang ada di dalam tubuh kita. Penelitian baru menunjukkan ada sekitar 38 triliun sel bakteri.


    votre commentaire


    Suivre le flux RSS des articles de cette rubrique
    Suivre le flux RSS des commentaires de cette rubrique