• Fasilitas dan Layanan Rumah Sakit Hermina Grand Wisata

    Terletak di wilayah Bekasi, Jawa Barat, Rumah Sakit Hermina Grand Wisata merupakan salah satu rumah sakit tipe B milik swasta yang berada di bawah naungan Hermina Hospital Group. Rumah sakit ini mulai beroperasi pada tanggal 29 April 2009 dan diresmikan dengan simbolik oleh Drs. H. Saduddin MM, yang mana merupakan Bupati Kota Bekasi kala itu. Beralamat di Jalan Festival Bouleavard Blok J Lambang Sari Tambun Selatan, Rumah Sakit Hermina Grand Wisata diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang berfokus pada mutu serta keselamatan para pasiennya. Untuk menunjukkan kualitas dan mutu dari Rumah Sakit Hermina Grand Wisata, akreditasi pun ditempuh dengan hasil paripurna, yang mana merupakan tingkat tertinggi akreditasi KARS (Komisis Akreditasi Rumah Sakit).

    Para dokter yang bekerja di Rumah Sakit Hermina Grand Wisata hadir dengan pengalaman, spesialisasi, dan profesionalisme yang tinggi. Dokter spesialis dan subspesialis dengah keahlian khusus siap menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan bermutu. Misalnya saja, di Rumah Sakit Hermina Grand Wisata terdapat dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis penyakit jantung, dokter spesialis penyakit paru, serta dokter penyakit spesialis saraf. Semuanya memiliki pengalaman yang sudah lama berkecimpun di dunia perdokteran dengan kompetensi tinggi dan profesionalisme yang mumpuni. Tidak hanya dokter saja yang berserfitikasi, para tenaga medis penunjang memiliki SDM yang berkualitas untuk selalu siap sedia dalam memberikan pelayanan bertaraf internasional demi kepuasan para pelanggan.

    Dari segi fasilitas dan layanan, Rumah Sakit Hermina Grand Wisata menyediakan layanan berupa ambulance yang siap sedia mengantar atau menjemput pasien ke rumah sakit dengan cepat dan sigap. Selain itu, terdapat pula IGD atau Instalasi Gawat Darurat yang buka 24 jam 7 hari seminggu untuk menjawab berbagai gangguan kedaruratan seperti kecelakaan, serangan jantung dan lain-lain. Fasilitas lain sebagai penunjang aktivitas di Rumah Sakit Hermina Grand Wisata misalnya adalah ruang farmasi, apotek, trauma center, terapi okpuasi, terapi wicara, serta dokter umum.

    Rumah Sakit Hermina Grand Wisata juga ditunjang dengan perawatan medis yang modern dan canggih untuk membantu menentukan atau diagnosa pasien yang lepat tepat, akurat, dan cepat. Beberapa alat dan fasilitas penunjang medis tersebut di antaranya adalah laboratorium (2 jenis laboratorium yaitu laboratorium patologi klinik dan patologi anatomi), alat radiologi (baik berupa rontgen maupun CT scan atau Computer Tomography Scan), USG atau biasa disebut ultrasonografi, elektrokardiogram atau disingkat EKG, MRI yang merupakan singkatan dari Magnetic Resonance Imaging, dan juga Fisioterapi. Semua peralatan tersebut disediakan guna menunjang pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi pasien dan pelanggan setia Rumah Sakit Hermina Grand Wisata.

    Tidak kalah penting yang disediakan oleh Rumah Sakit Hermina Grand Wisata adalah layanan rawat jalan yang dimiliknya. Di rumah sakit ini, pasien akan menemukan poliklinik spesialis serta poliklinik umum yang akan memberikan pelayanan kesehatan bagi pengunjung sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya. Layanan poliklinik yang ada di Rumah Sakit Hermina Grand Wisata tersebut di antaranya adalah poliklinik gigi (yang terdiri dari dokter gigi umum, dokter spesialis gigi anak, konservasi gigi, dan juga gigi periodonsia), spesialis penyakit dalam, spesialis bedah (umum, mulut, saraf, anak, dan plastic), spesialis jantung dan pembuluh darah, spesialis mata, spesialis THT, dan lain-lain. Semuanya disiapkan agar pasien mendapatkan pelayanan kesehatan yang sesuai dan tepat sesuai dengan kebutuhan mereka.


    votre commentaire
  • Radang Tenggorokan: Apa Yang Perlu Diketahui

    Radang tenggorokan atau faringitis adalah penyakit yang terjadi di belakang tenggorokan. Radang tenggorokan mengakibatkan tenggorokan kering, gatal-gatal, bahkan kesulitan menelan. Radang tenggorokan tidak hanya terjadi pada anak-anak, namun orang dewasa juga bisa terkena penyakit tersebut.

    Menurut American Osteopathic Association (AOA), radang tenggorokan mudah terjadi pada musim dingin. Musim dingin juga berpotensi menghambat tubuh manusia melalui virus jika mereka memiliki daya tahan tubuh lemah karena cuaca yang dingin. Itulah sebabnya sebagian orang memilih untuk tinggal di rumah jika ingin melakukan suatu aktivitas.

    Radang tenggorokan merupakan penyakit yang umum, namun bukan penyakit yang serius. Secara potensial, jika manusia mengalami radang tenggorokan, kemungkinan untuk sembuh dari penyakit tersebut membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu. Namun jika kondisinya semakin parah, akan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

     

    Penyebab dan Gejala Radang Tenggorokan

    Gejala yang akan dialami manusia adalah tentunya sakit tenggorokan. Manusia akan mengalami tidak hanya rasa sakit, namun ketika menelan juga akan terasa sakit. Selain itu kemungkinan gejala yang dialami berupa penyakit nanah, cacar atau bintik-bintik merah pada wajah, sakit kepala, demam, mual, bahkan muntah-muntah.

    Penyebab utama radang tenggorokan adalah virus. Ada berbagai jenis virus yang berpotensi menghambat tubuh manusia. Jenis virus yang berpotensi mengancam kesehatan manusia yang terdiri dari:

    -        Virus influenza

    Virus ini tidak hanya mengakibatkan radang tenggorokan, namun juga mengakibatkan gejala flu dan mata merah muda atau umumnya disebut sebagai pink eye.

    -        Virus Epstein-Barr

    Selain radang tenggorokan, virus ini mengakibatkan mononukleosis atau mono. Mononukleosis merupakan gejala yang efeknya sama seperti flu.

    Virus dapat menular melalui air liur. Manusia juga dengan mudah tertular dengan cara menyentuh tubuh seperti jabat tangan atau berciuman. Tidak hanya melalui sesama manusia, benda-benda yang disentuh juga meninggalkan bekas yang dapat menular manusia lain jika manusia tersebut mengalami penyakit yang berpotensi radang tenggorokan.

    Selain virus, bakteri juga berpotensi mengancam kesehatan tubuh manusia. Bakteri streptococcus pyogenes berperan aktif dalam menyerang tubuh manusia. Berdasarkan studi yang disebutkan National Center for Biotechnology Information pada tahun 2015, walaupun bakteri streptococcus pyogenes bukan penyebab umum penyakit radang tenggorokan, kemungkinan manusia yang terkena bakteri tersebut sebesar 20 hingga 40%.

    Bakteri yang mengakibatkan radang tenggorokan pada tubuh juga berpotensi mengakibatkan gejala sebagai berikut:

    -        Klamidia.

    -        Gonorea.

    -        Gangguan pernafasan atau mycoplasma pneumoniae.

     

    Cara Mengobati Radang Tenggorokan

    Ada berbagai cara untuk mengobati radang tenggorokan. Anda bisa melakukan diagnosa dengan dokter jika memiliki tanda yang memungkinkan akan mengalami gejala lain atau efek samping. Diagnosis yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan tes rapid strep untuk menentukan jika radang tenggorokan disebabkan infeksi, bakteri, atau kuman.

    Selain diagnosis, Anda dapat mencegah radang tenggorokan dengan cara alami. Cara-cara yang dapat dilakukan antara lain:

    -        Minum cairan hangat.

    -        Menghisap pelega tenggorokan.

    -        Kumur dengan garam berukuran setengah sendok teh dalam cangkir air.

    -        Cuci tangan dengan sabun.

    -  Pakai masker supaya tidak menular orang lain jika masih mengalami radang tenggorokan.

    Jika kondisi semakin parah, Anda sebaiknya hubungi dokter agar mendapatkan perawatan yang lebih tepat untuk mencegah radang tenggorokan. Mungkin saja Anda mengalami gejala seperti berikut:

    -        Sakit tenggorokan yang mengakibatkan kelenjar getah bening yang membengkak.

    -        Sakit tenggorokan yang disertai dengan ruam.

    -        Sakit tenggorokan yang mengakibatkan kesulitan untuk bernafas.

    -   Jika sudah melakukan diagnosis radang dan belum sembuh dari gejala setelah meminum antibiotik selama 48 jam.


    votre commentaire
  • Rumah Sakit Evasari

     

    Rumah Sakit Evasari adalah salah satu rumah sakit Awal Bros yang saat ini masih beroperasi. Rumah Sakit Evasari terletak di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Rumah Sakit Evasari dibangun untuk memenuhi kebutuhan manusia di bidang kesehatan.

     

    Rumah Sakit Evasari Awal Bros diresmikan pada tanggal 25 Oktober 2011. Sampai saat ini Rumah Sakit Evasari telah melayani banyak pasien yang berasal baik dari Jakarta maupun sekitarnya. Rumah Sakit Evasari digolongkan sebagai rumah sakit tipe B karena memiliki fasilitas unggulan yang memiliki jumlah kamar sebanyak 115 unit.

     

    Rumah Sakit Evasari memiliki standar dalam meningkatkan kesehatan dengan melakukan upaya melalui program kesehatan yang komprehensif. Rumah Sakit Evasari berfokus pada dua hal di bidang kesehatan, yaitu kebutuhan pasien dan kualitas dalam pelayanan.

     

    Fasilitas dan Layanan

     

    Rumah Sakit Evasari menyediakan sejumlah fasilitas medis yang dapat digunakan berupa ambulans, IGD (Instalasi Gawat Darurat), ICU (Intensive Care Unit), NICU (Neonatal Intensive Care Unit), PICU (Pediatric Intensive Care Unit), radiologi, laboratorium, apotek, medical check up (MCU), dan poliklinik. Selain itu, Rumah Sakit Evasari menyediakan fasilitas umum berupa masjid, tempat parkir mobil dan motor, serta tempat bermain anak.

     

    Rumah Sakit Evasari memberikan layanan yang terintegrasi dengan jaringan rumah sakit Awal Bros lainnya yang meliputi proses diagnosa, terapi, dan rehabilitasi. Layanan untuk memenuhi kebutuhan pasien merupakan bentuk komitmen Rumah Sakit Awal Bros. Rumah Sakit Awal Bros tidak hanya fokus pada kebutuhan pasien, namun juga membantu pasien menjalankan pola hidup yang sehat melalui paket kesehatan (paket medical check up).

     

    Visi dan Misi

     

    Rumah Sakit Evasari Awal Bros memiliki visi yang menyatakan bahwa rumah sakit akan berkembang menjadi penyedia fasilitas kesehatan terkemuka yang memiliki standar internasional. Misi yang diterapkan Rumah Sakit Evasari meliputi pelayanan terhadap pasien yang dilakukan secara profesional dengan menunjukkan rasa peduli ketika melayani pasien.

     

    Nilai-Nilai Yang Diterapkan

     

    Nilai-nilai yang diterapkan Rumah Sakit Evasari berupa PRIMA (Profesional, Rapi, Ibadah, Mendengarkan, Asertif). Yang dimaksud dengan PRIMA adalah sebagai berikut:

     

    1)    Profesional

    Karyawan Rumah Sakit Evasari memiliki inisiatif dalam melayani pasien melalui kemampuannya, tanggung jawab, dan etika.

    2)    Rapi

    Rumah Sakit Evasari menjalankan kerja dengan cara sistematis, teratur, bersih, tuntas, dan menyenangkan.

    3)    Ibadah

    Rumah Sakit Evasari bersedia melayani pasien dengan senang hati dan tanpa melihat latar belakang pasien.

    4)    Mendengarkan

    Rumah Sakit Evasari sangat terbuka tentang pendapat orang lain melalui komunikasi yang efektif agar dapat memberikan layanan terbaik.

    5)    Asertif

    Rumah Sakit Evasari memberikan pelayanan pada pasien yang meliputi komunikasi yang baik dan jujur.

     

    Sejarah

     

    Grup Awal Bros pertama kali mendirikan rumah sakit berdasarkan keinginan Alm. H. Awaloeddin karena beliau yakin bahwa pelayanan di bidang kesehatan di Indonesia sangat dibutuhkan. Rumah Sakit Awal Bros pertama kali didirikan sejak 29 Agustus 1998. Kota pertama yang dibangun adalah Pekanbaru.

     

    Dari tahun 2006, Rumah Sakit Awal Bros menambah cabang di Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Makassar. Sampai saat ini, bisnis di bidang kesehatan tidak hanya meliputi rumah sakit, Rumah Sakit Awal Bros juga mendirikan anak perusahaan yang terdiri dari:

    -        Harmonia (klinik spesialis kulit).

    -        Westerindo (laboratorium).

    -        CMC Medical (klinik).

    -        24 Medicare (evakuasi).

     

    Kontak

     

    Jika Anda ingin menghubungi Rumah Sakit Evasari, Anda dapat menghubunginya di nomor berikut: (021) 424 6630. Bila Anda perlu melakukan pendaftaran rawat jalan, Anda dapat menghubungi Rumah Sakit Evasari melalui aplikasi WhatsApp di nomor berikut: 087784981817. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa melihat situs Rumah Sakit Evasari: http://awalbros.com/branch/evasari/.

     

    Rumah Sakit Evasari siap melayani pasien karena unit Gawat Darurat tersedia selama 24 jam penuh. Namun, jika Anda ingin besuk pasien yang dirawat di Rumah Sakit Evasari, jadwal besuk yang tersedia adalah sebagai berikut:

    -        Kamar rawat intensif

    Kamar rawat intensif dapat Anda kunjungi dari jam 10 hingga 11 pagi, atau dari jam 5 hingga 6 sore.

    -        Kamar rawat inap

    Kamar rawat inap dapat Anda kunjungi dari jam 11 pagi hingga 1 siang, atau dari jam 5 hingga 7 malam.


    votre commentaire
  • Cara Menggunakan Obat Tetes Mata yang Benar

    Obat tetes mata adalah jenis cairan yang digunakan untuk meredakan berbagai gejala masalah pada mata. Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan obat tetes mata adalah mengetahui keluhan kondisi mata yang Anda alami.

    Pasalnya, berbeda kondisi mata maka berbeda pula jenis obat tetes mata dan cara menggunakannya. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara menggunakan obat tetes mata yang benar dan sesuai dengan kondisi mata Anda.

    Bagaimana cara menggunakan obat tetes mata yang benar

    ·       Cek terlebih dahulu botol kemasan obat tetes mata yang akan Anda gunakan. Anda perlu pastikan kemasan obat tetes mata yang digunakan masih layak pakai atau belum melewati tanggal kedaluwarsa.

    ·       Sebelum menggunakan obat tetes mata, cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Langkah ini bertujuan untuk membersihkan tangan Anda dari kotoran yang menempel  dan bisa menyebabkan iritasi.

    ·       Kocok obat tetes mata secara perlahan sebelum digunakan agar obat tercampur dengan merata.

    ·       Dongakkan wajah ke arah atas, lalu tarik kelopak mata bagian bawah secara perlahan menggunakan salah satu tangan Anda.

    ·       Dekati posisi obat tetes mata ke area mata.

    ·       Tekan kemasan botol obat tetes mata untuk mengeluarkan cairan ke dalam bola mata. Kemudian, kedipkan mata agar cairan tetes mata bisa menyebar ke seluruh bagian mata.

    ·       Lakukan langkah yang sama pada sisi mata lain.

    ·       Jika sudah selesai, anda bisa menyimpan obat tetes mata di dalam kulkas. Cara ini bertujuan agar memudahkan meneteskan cairan ke bola mata saat Anda ingin menggunakannya di lain waktu.

    Hindari agar ujung botol atau kemasan obat tetes mata menyentuh bulu mata atau permukaan mata, terutama saat mata Anda mengalami infeksi. Hal ini bertujuan agar mencegah masuknya bakteri dan penyebaran infeksi penyakit ke dalam botol obat tetes mata.

    Jika Anda mengalami kesulitan saat ingin meneteskan obat tetes mata sendiri, Anda bisa meminta orang lain untuk meneteskan obat tetes mata pada Anda.

    Kapan harus konsultasi ke dokter?

    Obat tetes mata biasanya digunakan untuk mengatasi gejala kondisi mata yang tergolong ringan. Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan obat tetes mata yang digunakan dengan kondisi mata dan gejala yang Anda rasakan.

    Untuk mata kering, sebaiknya hindari obat tetes mata yang mengandung dekongestan. Biasanya obat mata yang mengandung zat ini sering dipromosikan untuk mengatasi mata merah dan iritasi.

    Namun, jika gejala kondisi mata tidak juga mereda setelah menggunakan obat tetes mata yang digunakan, Anda perlu menemui dokter spesialis mata.

    Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gejala yang semakin serius, seperti iritasi, rasa nyeri yang serius, atau penglihatan menjadi tidak jelas. Jangan lupa untuk selalu membawa obat tetes mata yang Anda gunakan saat memeriksa diri ke dokter.


    votre commentaire
  • Rumah Sakit Bunda Menteng, Pilihan Berkualitas Bagi Ibu & Anak

     

    Jika sudah berhubungan dengan buah hati, semua orang tua tentu menginginkan yang terbaik, bahkan sejak masih proses persalinan. Maka, Anda perlu memastikan kualitas rumah sakit yang menjadi tempat bersalin. Bagi Anda yang bertempat tinggal di area Jakarta Pusat, Rumah Sakit Bunda Menteng dapat menjadi pilihan Anda.

    Sebagai rumah sakit ibu dan anak, Rumah Sakit Bunda Menteng tentu menyediakan fasilitas yang terkait pelayanan ibu dan anak. Diantaranya Klinik Kebidanan dan Kandungan, Klinik Anak, juga Klinik Dokter Umum serta Klinik Penyakit Dalam.

    Beberapa unit khusus yang menunjang kesehatan ibu dan anak juga tersedia di Rumah Sakit Bunda Menteng. Berikut ini beberapa fasilitas dan layanan khusus yang tersedia di rumah sakit tersebut.

    1. NICU/PICU

    Ruangan Neonatal Intensive Care Unit (NICU) dan ruangan Pediatric Intensive Care Unit (PICU). Ruang NICU ditujukan untuk perawatan intensif bagi bayi baru lahir hingga berusia 28 hari, sedang ruang PICU diperuntukkan  bagi anak-anak yang membutuhkan pengobatan atau perawatan khusus, agar terhindar dari terjadinya kegagalan organ vital.

    Biasanya bayi yang dirawat di ruang NICU merupakan bayi yang berisiko tinggi dengan gangguan atau komplikasi berat. Kebanyakan kasus yang memerlukan perawatan intensif merupakan kasus vital, antara lain gangguan pernafasan, prematur, kelainan kongenital atau bawaan, dan lain-lain.

    Di ruang perawatan intensif, bayi atau anak dengan kondisi medis serius akan mendapatkan terapi oksigen, terapi intravena, serta pemberian makanan melalui alat.

    2. Klinik Tumbuh Kembang

    Klinik dibuat khusus untuk membantu para orang tua dalam mengatasi masalah pertumbuhan anak, sehingga dapat ditangani secara tepat. Masalah pertumbuhan dan perkembangan anak sejak lahir dapat ditangani di Klinik Tumbuh Kembang. Penanganannya pun dilakukan oleh tim yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu,

    Umumnya, bayi atau anak yang memiliki risiko gangguan pertumbuhan, perlu dipantau sejak usia 3 bulan hingga 2 tahun. Pemantauan ini dilakukan oleh dokter ahli saraf anak atau paediatric neurology.

    Jadi, kapan buah hati Anda membutuhkan perawatan di Klinik Tumbuh Kembang?

    Bila bayi Anda lahir dengan berat di bawah 1,5 kg, bayi lahir prematur, bayi dengan infeksi kongenital atau bawaan, serta bayi yang mengalami gangguan kesehatan sejak usia kehamilan ibu 28 minggu, seperti sindrom gawat napas, hiperbilirubinemia, dan lain sebagainya.

    Anda juga mungkin perlu merawat anak Anda di Klinik Tumbuh Kembang bila mengalami Down Syndrome, ada keterlambatan bicara atau gangguan dalam berkomunikasi, anak kesulitan belajar, anak mengalami gangguan konsentrasi atau hiperaktif, serta adanya gangguan motorik, antara lain terlambat duduk atau terlambat berjalan.

    3. Laparoskopi

    Fasilitas khusus yang satu ini disediakan oleh Rumah Sakit Bunda Menteng bukan untuk Si buah hati, melainkan untuk ibu. Laparoskopi merupakan tindakan bedah minimal yang ditujukan untuk menurunkan risiko bila dilakukan operasi besar.

    Tindakan Laparoskopi dilakukan dengan memasukkan teropong melalui sayatan kecil sebesar 0,5-1 cm di pusar atau bagian bawah perut. Dengan cara ini, dokter dapat memasukkan alat bedah berukuran kecil yang hasilnya sama dengan hasil tindakan bedah konvensional.

    Anda masih dapat mengakses berbagai fasilitas dan layanan lain di Rumah Sakit Bunda Menteng, selain dari layanan dan fasilitas yang telah disebutkan di atas. Bila Anda ingin mengetahui pelayanan dan fasilitas dari RS Bunda Menteng atau bila Anda perlu melakukan pendaftaran, Anda dapat mengakses informasi tersebut secara terperinci di situs reminya, khususnya pada bagian Pendaftaran & Client Service.


    votre commentaire


    Suivre le flux RSS des articles de cette rubrique
    Suivre le flux RSS des commentaires de cette rubrique