• Cara Menggunakan Obat Tetes Mata yang Benar

    Cara Menggunakan Obat Tetes Mata yang Benar

    Obat tetes mata adalah jenis cairan yang digunakan untuk meredakan berbagai gejala masalah pada mata. Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan obat tetes mata adalah mengetahui keluhan kondisi mata yang Anda alami.

    Pasalnya, berbeda kondisi mata maka berbeda pula jenis obat tetes mata dan cara menggunakannya. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara menggunakan obat tetes mata yang benar dan sesuai dengan kondisi mata Anda.

    Bagaimana cara menggunakan obat tetes mata yang benar

    ·       Cek terlebih dahulu botol kemasan obat tetes mata yang akan Anda gunakan. Anda perlu pastikan kemasan obat tetes mata yang digunakan masih layak pakai atau belum melewati tanggal kedaluwarsa.

    ·       Sebelum menggunakan obat tetes mata, cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Langkah ini bertujuan untuk membersihkan tangan Anda dari kotoran yang menempel  dan bisa menyebabkan iritasi.

    ·       Kocok obat tetes mata secara perlahan sebelum digunakan agar obat tercampur dengan merata.

    ·       Dongakkan wajah ke arah atas, lalu tarik kelopak mata bagian bawah secara perlahan menggunakan salah satu tangan Anda.

    ·       Dekati posisi obat tetes mata ke area mata.

    ·       Tekan kemasan botol obat tetes mata untuk mengeluarkan cairan ke dalam bola mata. Kemudian, kedipkan mata agar cairan tetes mata bisa menyebar ke seluruh bagian mata.

    ·       Lakukan langkah yang sama pada sisi mata lain.

    ·       Jika sudah selesai, anda bisa menyimpan obat tetes mata di dalam kulkas. Cara ini bertujuan agar memudahkan meneteskan cairan ke bola mata saat Anda ingin menggunakannya di lain waktu.

    Hindari agar ujung botol atau kemasan obat tetes mata menyentuh bulu mata atau permukaan mata, terutama saat mata Anda mengalami infeksi. Hal ini bertujuan agar mencegah masuknya bakteri dan penyebaran infeksi penyakit ke dalam botol obat tetes mata.

    Jika Anda mengalami kesulitan saat ingin meneteskan obat tetes mata sendiri, Anda bisa meminta orang lain untuk meneteskan obat tetes mata pada Anda.

    Kapan harus konsultasi ke dokter?

    Obat tetes mata biasanya digunakan untuk mengatasi gejala kondisi mata yang tergolong ringan. Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan obat tetes mata yang digunakan dengan kondisi mata dan gejala yang Anda rasakan.

    Untuk mata kering, sebaiknya hindari obat tetes mata yang mengandung dekongestan. Biasanya obat mata yang mengandung zat ini sering dipromosikan untuk mengatasi mata merah dan iritasi.

    Namun, jika gejala kondisi mata tidak juga mereda setelah menggunakan obat tetes mata yang digunakan, Anda perlu menemui dokter spesialis mata.

    Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gejala yang semakin serius, seperti iritasi, rasa nyeri yang serius, atau penglihatan menjadi tidak jelas. Jangan lupa untuk selalu membawa obat tetes mata yang Anda gunakan saat memeriksa diri ke dokter.


    Tags Tags : , ,
  • Commentaires

    Aucun commentaire pour le moment

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Ajouter un commentaire

    Nom / Pseudo :

    E-mail (facultatif) :

    Site Web (facultatif) :

    Commentaire :