• Cara Menghilangkan Komedo Putih Dengan Alami

    Cara Menghilangkan Komedo Putih Dengan Alami

    Komedo putih terbentuk ketika sel-sel kulit mati, sebum atau minyak, dan kotoran menyumbat pori-pori kulit Anda. Berbeda dengan komedo hitam, yang dapat dipencet untuk dikeluarkan, komedo putih terperangkap atau tertutup di dalam pori-pori kulit. Sehingga, cara menghilangkan komedo putih tersebut akan menjadi lebih menantang. Meskipun demikian, ada perawatan rumahan dan obat-obatan alami, serta obat bebas OTC atau over-the-counter yang dapat digunakan untuk merawat dan mengobati komedo putih. Artikel ini akan membahas hal tersebut dengan lebih mendalam.

     

    Perawatan pertama cara menghilangkan komedo putih adalah dengan tidak melakukan cara apapun. Menyentuh wajah Anda dapat menyebabkan pori-pori tersumbat oleh kotoran, bakteri, dan juga dapat menyebabkan iritasi. Anda juga tidak bisa memencet komedo putih karena malah dapat membahayakan dan membuat kulit terluka, iritasi, dan luka gores permanen. Namun, beberapa cara alami berikut mungkin dapat membantu Anda mempercepat proses pembersihan komedo putih.

     

    Obat alternatif rumahan

    Obat alternatif rumahan merupakan perawatan komedo putih paling mudah dan murah. Biasanya, pengobatan alternatif rumahan ini menggunakan bahan makanan atau alat-alat yang sudah Anda punya di rumah. Namun penting diingat bahwa beberapa bahan makanan dapat menyebabkan iritasi dan merusak kulit. Apabila terjadi efek samping atau iritasi akibat penggunaan bahan-bahan tersebut, hentikan penggunaan dan kunjungi dokter. Bahan- bahan obat alternatif rumahan yang dapat mengatasi komedo putih namun dapat menyebabkan iritasi seperti jus lemon (dapat bersifat terlalu asam untuk kulit sensitif), soda kue, dan kristal gula yang dapat membuat kulit meradang atau menggores kulit. Obat- obatan alami juga semakin populer sebagai alternatif perawatan kulit. Meskipun kata “alami” terlihat menjajikan dan aman, salah satu kekurangan obat-obatan terebut adalah obat-obatan ini belum tentu mendapatkan standar uji yang sama. Sehingga, apabila Anda hendak menggunakannya, pastikan selalu waspada dan perhatikan apabila ada efek samping yang timbul setelah penggunaan.

     

    Krim vitamin A

    Vitamin A adalah nutrisi yang memiliki sifat antioksidan yang kuat. Dalam hal kesehatan kulit, vitamin A memiliki potensi untuk mengurangi tanda-tanda kemerahan dan peradangan sekaligus mendukung pertumbuhan sel-sel kulit yang sehat. Beberapa krim vitamin A dijual di toko dan apotek. Krim ini dioleskan ke wajah atau tubuh yang memiliki komedo putih dua kali sehari. Perlu diketahui bahwa krim vitamin A dapat menyebabkan kemerahan dan membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari. Apabila Anda menggunakan krim tersebut, pastikan selalu memakai tabir surya setiap harinya saat beraktivitas di luar rumah.

     

    Minyak pohon teh dan lidah buaya

    Minyak pohon teh dipercaya memiliki kemampuan anti peradangan yang alami. Selain itu, minyak pohon teh memiliki manfaat anti bakteri. Efek-efek tersebut memiliki arti minyak pohon teh dapat membantu menyembuhkan komedo putih. Produk minyak pohon teh mungkin tersedia dalam bentuk ekstrak yang dapat dioleskan ke wajah secara langung. Beberapa produk perawatan kulit seperti pembersih, masker, dan krim perawatan noda yang ada di pasaran mengandung minyak pohon teh.

    Lidah buaya atau aloe vera merupakan bahan tanaman alternatif untuk mengobati komedoputih. Sama halnya dengan minyak pohon teh, lidah buaya juga tersedia dalam bentuk ekstrak dan produk perawatan kulit “over-the-counter”. Meskipun studi tentang keefektifan lidah buaya masih belum dapat disimpulkan, banyak laporan menyatakan bahwa bahan tersebut dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo putih dan efektif ketika digunakan sebagai produk obat jerawat.


    Tags Tags : , ,
  • Commentaires

    Aucun commentaire pour le moment

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Ajouter un commentaire

    Nom / Pseudo :

    E-mail (facultatif) :

    Site Web (facultatif) :

    Commentaire :